Rekomendasi Buku E-Cotkala : “Perkembangan Peserta Didik : Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru” / Prof. Dr. H. M. Asrori

Judul Buku : Perkembangan Peserta Didik; Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru

Pengarang : Prof. Dr. H. M. Asrori

Penerbit : Media Akademi

Tahun Terbit : 2015

Tempat Terbit : Yogyakarta

Tebal Buku : 346 Hlm

Kategori : Sosial-Pendidikan-Pedagogi

Sinopsis :

Kegiatan pembelajaran sesungguhnya merupakan perpaduan dua kemampuan: ilmu (science) dan kiat (art) sehingga dikenal dengan istilah “The Art of Teaching”. Agar dapat menciptakan suatu perpaduan harmonis penuh improvisasi sebagai suatu “The Art of Teaching”, seorang pendidik/guru selain kaya akan kiat-kiat pembelajaran, yang tidak kalah pentingnya juga dituntut memiliki bekal pengetahuan memadai tentang peserta didiknya. Ini menjadi sangat penting karena peserta didik adalah manusia yang ditinjau dari sudut pandang filsafat, psikologi, maupun sosiologi merupakan makhluk yang kompleks dan penuh misteri. Bahkan manusia itu merupakan suatu ”enigma”; sebuah teka-teki besar yang sulit dipecahkan.

Buku Perkembangan Peserta Didik; Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru ini merupakan salah satu sarana untuk membantu para pendidik/guru memahami dan mendeskripsikan peserta didik serta menawarkan alternatif intervensi edukatif untuk pengembangan secara maksimal potensi yang dimilikinya. Deskripsi aspek-aspek penting individu peserta didik yang dapat membantu para pendidik/guru memahaminya dimulai dari pemahaman tentang individu sebagai kesatuan berbagai karakteristik, remaja dan perkembangannya, pertumbuhan fisik, perkembangan intelek, dan dilanjutkan dengan perkembangan kreativitas. Setelah itu, dideskripsikan aspek-aspek penting lain yaitu perkembangan emosi, perkembangan bakat khusus, perkembangan hubungan sosial, perkembangan kemandirian, perkembangan bahasa, serta perkembangan nilai, moral, dan sikap. Mengakhiri deskripsi aspek penting peserta didik, buku ini mendiskusikan tentang kebutuhan dan pemenuhannya, tugas-tugas perkembangan remaja, serta penyesuaian diri dan permasalahannya. Pada tiap-tiap akhir deskripsi aspek-aspek penting tersebut disajikan pula implikasi intervensi edukatif melalui proses pendidikan.

Biodata Pengarang :

Prof. Dr. M. Asrori adalah guru besar kependidikan dalam bidang Psikologi Perkembangan di FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak sejak tahun 2004. Ia lahir di Temanggung, 27 Mei 1961. Pendidikan S1 ditempuh di IKIP Yogyakarta (sekarang Universitas Negeri Yogyakarta) dan lulus tahun1983/1984. Pendidikan S2 lulus tahun 1989/1990 dan S3 lulus tahun1994/1995, keduanya ditempuh di IKIP Bandung (sekarang Universitas Pendidikan Bandung). Ia pernah menjadi Dosen Teladan I Universitas Tanjungpura dan termasuk 10 besar Dosen Teladan Tingkat Nasional tahun 1997. Pernah Menjadi Staf Ahli Pembantu Rektor I selama 6 tahun, Sekretaris Lembaga Penelitian, Ketua Tim Pengembangan Universitas, Sekretaris Tim Penyusun Visi dan Misi Universitas , Ketua Tim Renstra Universitas dan Ketua Lembaga Penelitian.

Dalam kegiatan tingkat nasional, ia pernah terlibat menjadi Tim Ahli Monitoring dan Evaluasi Dana DAK untuk pembukuan dan rehabilitasi gedung Sekolah Dasar, Ditjen Dikdasmen (1997-2000); Tim Ahli Harlindung, Direktorat Tenaga Kependidikan, Ditjen PMPTK (2006-2010); Tim ahli Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) (2012-2014); Narasumber di Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (2015). Selain itu, ia juga aktif melakukan berbagai penelitian kompetitif dan menulis di jurnal nasional terakreditasi. Beberapa buku karyanya juga telah diterbitkan secara nasional .

Untuk membaca lebih lanjut, Pemustaka bisa membaca buku ini melalui aplikasi e-cotkala, Tunggu apa lagi yuk download sekarang melalui Android maupun melalui link berikut:

https://kubuku.id/download/iain-langsa.

Petunjuk cara mengunduhnya, melalui link berikut: