Semarak Literasi, Perpustakaan IAIN Langsa Gelar Book Fair di Milad IAIN Langsa Ke-42

Langsa, Pustaka IAIN Langsa- Rangkaian kegiatan untuk memeriahkan perayaan Milad IAIN Langsa ke-42 telah berlangsung sejak tanggal 19 September 2022 lalu. Setiap Fakultas maupun Unit Pelaksana teknis di lingkungan IAIN Langsa berlomba-lomba untuk mengadakan berbagai kegiatan sesuai konsentrasi kerja dari Fakultas atau Unit Pelaksana Teknis tersebut.

Dalam rangka memeriahkan Milad IAIN Langsa ke-42, Unit Pelaksana teknis Perpustakaan IAIN Langsa menggelar kegiatan Book Fair pada hari Selasa (04/10/2022). Kegiatan ini yang mengusung tema ” Cotkala Book Fair “Seribu Aksara Sejuta Makna” ini bertempat di halaman Perpustakaan IAIN Langsa dan akan berlangsung selama dua hari hingga 5 oktober 2022.

Perpustakaan IAIN langsa menampilkan koleksi terbaru yang dimiliki oleh Perpustakaan IAIN Langsa. Koleksi terbaru ini bersumber dari sumbangan Mahasiswa, Dosen maupun Masyarakat umum yang secara suka rela menghibahkan buku untuk perpustakaaan. Adapun, peserta yang turut serta dalam memeriahkan kegiatan Book Fair kali ini, diantaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa, Penerbit Prenada Media, Toko Buku Sentral dan Dosen IAIN Langsa, Dr, Asrar Mabrur Faza, MA.

Kepala Perpustakaan IAIN Langsa, Dr. Jelita, M.Pd mengatakan dalam rangkaian kegiatan bazar buku hari ini, Perpustakaan juga menerima Wakaf buku baru maupun bekas yang diterbitkan mulai tahun 2015. Hal ini bertujuan agar mengurangi koleksi buku yang tidak layak pajang lagi dan hal ini juga sesuai dengan kebijakan stock opname koleksi yang telah perpustakaan laksanakan sebelumnya.

Selanjutnya, Jelita mengharapkan agar kegiatan Book Fair diadakan secara rutin setiap tahunnya dan banyaknya peserta yang berpartisipasi kedepannya.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa, Dr. Suhaillu Sufyan, Lc. MA., menyebutkan bahwa Book Fair yang digelar Perpustakaan ini belum terlalu biasa di Kota Langsa dan ini akan menjadi awal dari kegiatan pameran serta bazar buku besar lainnya di Kota Langsa.

Suhailli juga mengatakan bahwa saat ini Perpustakaan sudah memiliki puluhan ribu koleksi buku tercetak maupun digital, sehingga melalui kegiatan Wakaf Buku yang dilakukan oleh Perpustakaan IAIN Langsa ini akan terus bertambah dan terus ter up to date setiap tahunnya.