Perpustakaan IAIN Langsa Kerjasama dengan IPI Gelar Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah

Kota Langsa (Pustaka) – Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan sekolah, UPT Perpustakaan IAIN Langsa bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Rabu (5/6/2024). Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, dari tanggal 5 hingga 8 Juni 2024, bertempat di Aula UPT Perpustakaan IAIN Langsa.

Acara ini dihadiri oleh puluhan guru dari berbagai sekolah di wilayah Aceh Timur, Aceh Tamiang, Pidie dan Aceh Tengah. Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru sekolah dalam mengelola perpustakaan secara profesional dan efektif, sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan informasi masa kini.

Dr. Sabaruddin, M.Si, Wakil rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya peran perpustakaan sekolah dalam mendukung proses belajar mengajar. “Perpustakaan yang dikelola dengan baik dapat menjadi pusat sumber belajar yang efektif bagi siswa dan guru. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi pustakawan sangatlah penting,” ujarnya.

Materi yang disampaikan dalam Bimtek ini mencakup berbagai aspek pengelolaan perpustakaan, seperti manajemen koleksi, layanan informasi, penggunaan teknologi informasi dalam perpustakaan, serta strategi promosi dan pengembangan perpustakaan. Para peserta juga mendapatkan pelatihan praktis mengenai pengelolaan koleksi digital dan penggunaan sistem otomasi perpustakaan.

Kerjasama antara UPT Perpustakaan IAIN Langsa dan IPI diharapkan dapat terus berlanjut untuk mendukung pengembangan perpustakaan di tingkat sekolah. Dengan demikian, perpustakaan sekolah dapat berfungsi optimal sebagai pusat pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat bagi seluruh warga sekolah.[Nia]

Tinggalkan Balasan