Apa itu Google Cendekia?

Langsa, Pustaka IAIN Langsa – Google Cendekia (Bahasa Inggris: Google Scholar) adalah layanan digital untuk mencari topik teks berupa rujukan literatur ilmiah, misalnya jurnal ilmiah yang berasal dari berbagai bidang keilmuan. Indeks Google Cendekia diluncurkan pada tahun 2004 dan mencakup jurnal online untuk publikasi akademis.

Google Cendekia akan membantu orang menemukan penelitian yang paling relevan dari semua penelitian akademis. Google Cendekia bertujuan untuk mengedit artikel seperti peneliti, dengan mempertimbangkan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi artikel, dan seberapa sering artikel dikutip dalam literatur akademik lainnya. Hasil yang paling relevan akan selalu ditampilkan di halaman pertama.

Langkah-Langkah Pencarian di Google Scholar

  1. Membuat akun Gmail (Jika Belum memiliki akun gmail)
  2. ketik link http://scholar.goole.co.id di pencarian Google.
  3. Isi profil pribadi Anda (disarankan menggunakan email institusi atau organisasi).
  4. Di halaman beranda, masukkan alamat situs web institusi Anda dan klik Berikutnya.
  5. Masukkan nama organisasi dan pilih artikel yang diterbitkan oleh organisasi tersebut.
  6. Hasil pencarian akan cocok dengan beranda yang dimasukkan di profil sebelumnya.
  7. Anda dapat menyesuaikan hasil pencarian dengan masuk ke pengaturan dan memasukkan apa pun yang Anda butuhkan, seperti bahasa, jumlah tampilan dalam pencarian, dll.
  8. Setelah selesai, Anda dapat dengan bebas mencari di berbagai karya dan materi yang telah terhubung ke Google Cendekia.

Panduan Pencarian di Google Cendikia secara akurat sebagai berikut:

  • Pastikan untuk mengetik kata kunci yang spesifik, jika mencari penjelasan hadis ibnu majah. Maka jangan hanya mengetik “ibnu majah” melainkan “penjelasan hadis ibnu majah”. Semakin spesifik maka semakin banyak hasil rekomendasi yang sesuai.
  • Gunakan fitur Advanced Search yang disediakan untuk membantu Google Scholar memfilter hasil pencarian agar lebih spesifik.
  • Jika menjumpai banyak referensi yang sesuai maka beri tanda bookmark dengan klik gambar bintang untuk menandai artikel tersebut. Sehingga memudahkan Andamenemukannya kembali tanpa harus mengingat kemarin mengetik kata kunci apa.
  • Manfaatkan fitur Sitasi Kutip Cepat dari Google Scholar, yang memudahkan proses menyalin teks agar mendapatkan tambahan sitasi secara langsung.

Google Cendikia bisa diakses secara gratis. Akses langganan jurnal berbayar umumnya dilakukan oleh suatu institusi pendidikan, seperti perguruan tinggi untuk memfasilitasi civitas akademika yang ada di dalamnya. Hal ini disebabkan oleh  harga langganan jurnal berbayar dinilai cukup tinggi untuk dilakukan secara personal.

Tinggalkan Balasan