Mengenal Website Jurnal Versi Kemendikbudristek Part IV

IV. RAMA Repository

RAMA Repository Merupakan repositori nasional laporan hasil penelitian baik berupa skripsi, tugas akhir, proyek mahasiswa (diploma), tesis (S2), disertasi (S3) ataupun laporan penelitian dosen / peneliti yang bukan merupakan publikasi di jurnal, konferensi maupun buku yang diintegrasikan dari Repositori Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian di Indonesia yang telah terdaftar. Portal RAMA mengintegrasikan Repository Perpustakaan dan Lembaga Penelitian milik perguruan tinggi agar setiap penelitian yang sudah dilakukan di Perguruan Tinggi khususnya Tugas Akhir Mahasiswa dan Lembaga Penelitian sehingga terhindar dari duplikasi dan plagiarism hasil penelitian.

Dilansir dari laman https://rama.kemdikbud.go.id/, Rabu (15/06/2022) RAMA Repository sudah memiliki 223 Repository dari 217 institusi terdaftar, dan 1.265.202 dokumen digital dari 39.223 subyek yang dapat diakses dan diunduh secara gratis.

RAMA akan terhubung dengan ANJANI (Anjungan Integritas Akademik) sebagai alat pendeteksi plagiasi nasional, yang mengintegrasikan data dengan GARUDA dan SINTA. RAMA akan mengambil API data mahasiswa dari PDDIKTI dan juga meng-crawling dokumen tugas akhir maupun penelitian dosen/mahasiswa dari repository institusi-institusi. Selanjutnya, API data dokumen tugas akhir tersebut akan diintegrasikan ke SINTA.

Skema Sistem RAMA

Halaman Utama RAMA

Halaman utama RAMA menampilkan :

  1. Total Institusi yang terdaftar
  2. Total seluruh repositori tugas akhir
  3. Total topik yang ada di RAMA
  4. Total jumlah dokumen tugas akhir
  5. Total jumlah pengunjung RAMA per-hari
  6. Total jumlah seluruh pengunjung RAMA
  7. Top 5 Institusi dokumen terbanyak
  8. Grafik total dokumen berdasarkan tahun  
  9. Top 5 topik tugas akhir terbanyak

Cara Pendaftaran Repository:

Mekanisme Umum :

  1. Perguruan / Lembaga yang akan mendaftarkan repositorinya ke RAMA harus mengisi formulir pendaftaran disertai pernyataan persetujuan pimpinan perguruan tinggi terkait integrasi repositori institusi dengan RAMA serta penunjukan penanggungjawab repositori.
  2. Untuk dapat mengintegrasikan repository perguruan tinggi dengan RAMA setiap perguruan tinggi harus sudah memiliki repositori yang support OAI (Open Archive Initiative) seperti misalnya Eprint, Digilib, Dspace, Slims dan lainnya
  3. Setiap laporan hasil penelitian mahasiswa wajib diupload ke repositori masing-masing institusi dengan catatan :
    • Fulltext untuk laporan penelitian yang tidak bersifat rahasia
    • Untuk laporan harus diupload harus memenuhi syarat minimum antara lain: Judul, Abstrak, Bab I, Daftar Pustaka.
  4. Karya Akhir mahasiswa yang diunggah harus dilengkapi  antara lain :
    •   Nama mahasiswa,
    •   NIM (Nomor Induk Mahasiswa),
    •   Nama pembimbing,
    •   NIDN / NIDK (Nomor Induk Dosen)
  5. isi informasi detail repositori perguruan tinggi, Unggah Surat Pernyataan Kesediaan dan Penunjukan PIC, setelah lengkap klik submit
  6. Harap menunggu admin pusat memvalidasi pendaftaran.

Standarisasi Repository di RAMA Repository

Standarisasi Repository bertujuan untuk menyamakan format Repository dari seluruh Institusi/ perguruan tinggi di Indonesia. Dengan adanya standarisasi, format Metadata yang telah disamakan dapat dengan mudah digunakan pada  seluruh sistem terintegrasi Kemenristekdikti (RAMA, SINTA, ANJANI, GARUDA)

Tinggalkan Balasan