Mengenal Website Jurnal Versi Kemendikbudristek Part III

III. GARUDA

Garuda atau Garba Rujukan Digital merupakan web portal yang berisi referensi ilmiah, buku-buku digital, tugas akhir mahasiswa, laporan penelitian dan semua referensi dari hasil karya anak bangsa untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Portal ini dirancang oleh The Indonesian Publication Index (IPI). Institute of Advance Engineering and Science (IAES) menjadi lembaga inisiator terciptanya GARUDA. Lembaga ini merupakan sebuah lembaga non-profit yang dibuat untuk memajukan keilmuan Indonesia melalui beberapa kegiatan ilmiah.

Fungsi dan Manfaat GARUDA:

•Repository Artikel Jurnal Nasional Indonesia

•Metadata Publikasi Nasional Indonesia

•Penelusuran Artikel Ilmiah Jurnal dan Prosiding Nasional

•Download fullpaper (PDF) dan Sitasi

•Monitoring dan Penilaian Kualitas Jurnal Nasional

•Membagikan data publikasi nasional dengan sistem lain

Portal Garuda mulanya bernama Referensi Ilmiah Indonesia (RII). Portal yang didirikan sejak 2 Mei 2010 ini dirancang oleh para penyedia jejaring informasi P2M-DIKTI dan menggandeng PDII-LIPI beserta perguruan tinggi di Indonesia sebagai kontributor konten sekaligus penggunanya. Desain sederhana Portal Garuda memudahkan pengguna untuk mencari artikel jurnal terbaru secara berkala. Ada beberapa fasilitas yang disediakan di portal ini, di antaranya adalah:

  • Portal Garuda mempunyai menu pencarian yang lengkap yang meliputi artikel pencarian penulis, termasuk di dalamnya pencarian sumber tulisan atau yang disebut dengan jurnal dan prosiding dan juga pencarian penerbit.
  • Menu penelusuran yang lengkap, misalnya sumber penerbit, sumber jurnal dan prosiding dan penelusuran artikel.
  • Menu unduhan sitasi. Menu ini disediakan untuk memudahkan para pengunjung untuk mengunduh metadata artikel (sitasi) dengan format BibTex dan RIS (EndNote atau Procite).
  • Unduhan FullText yang tersedia dalam format PDF. Pengunjung situs ini bisa mengunduh teks lengkap dengan mudah.
  • Laporan jurnal. Laporan ini meliputi jumlah paper yang telah dilihat oleh pengunjung portal, teks lengkap dalam bentuk PDF yang telah diunduh, statistik artikel yang paling banyak diunduh dan laporan pengunjung yang telah mengakses portal ini.
  • Laporan pengunjung situs dibuat berdasarkan kategori kota. Ini bisa kamu jadikan bahan analisis kota mana yang paling rajin mengakses situs ilmiah seperti Portal Garuda.

Cara Mengakses Jurnal di Portal Garuda:

Garuda: Garba Rujukan Digital memiliki 5 menu yaitu:

  1. Menu Home merupakan halaman utama dari GARUDA. Berisi tentang intormasi jumlah artikel, publisher, jurnal, conference,  dan subjek.
    • Fitur Pencarian: Pada menu Home terdapat fitur pencarian artikel. Untuk mencari artikel ketikkan query di kotak pencarian dan klik tombol search. Sebagai contoh mencari artikel tentang ‘kelautan’. Maka akan muncul 338 documents hasil pencarian query ‘kelautan’.
    • Fitur Merge Author: Fitur merge authors request yaitu fitur untuk menggabungkan author yang sama menjadi satu author. Berikut langkah-langkah merge author:
      • Buka fitur Advanced Search pada Menu Home.
      • Ketikkan nama author pada kolom pencarian author. Sebagai contoh mencari author dengan nama ‘ahmad’ dengan affiliasi ‘universitas pendidikan indonesia’. Makan muncul 4 authors berdasarkan query pencarian author tersebut.
      • Pilih author yang akan digabungkan dengan mencentang checkbox. Lalu Klik tombol ‘Merge Author    Request’.
      • Kemudian muncul halaman konfirmasi request, klik tombol ‘Send Request’ untuk konfirmasi merge author.
  2. Menu Publisher : Menu Publisher berisi daftar publisher (penerbit) yang ada di GARUDA. Diurutkan berdasarkan publisher dengan jumlah jurnal terbanyak.

3. Menu Journal/Conference : Menu Journal/Conference berisi daftar jurnal yang telah terindeks GARUDA. User dapat melakukan pencarian jurnal dengan menggunakan firtur pencarian atau dengan melakukan sorting berdasarkan abjad. Sebagai contoh ingin mencari jurnal dengan abjad ‘G’, maka muncul 285 jornals/conferences dengan awalan ‘B’ seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

Setiap artikel memiliki menu yang sama yang berada di bawah judul artikel yaitu nama author, nama jurnal dan publisher artikel, abstract, original source, check in google scholar, dan full PDF.

4. Menu Subject : Pada halaman Menu Subject, user dapat mencari jurnal berdasarkan subject atau area bidang jurnal. Saat ini ada 40 subjects pada GARUDA. Untuk mencari jurnal berdasarkan subject atau area, klik nama subject maka akan muncul daftar jurnal dengan subject atau area tersebut.

5. Menu Suggest :

Berikut adalah tahap-tahap pendaftaran atau suggest jurnal pada GARUDA:

  1. Pendaftar jurnal harus mengisi formulir secara online di laman portal GARUDA selengkap mungkin.
  2. Jika pengisian form di atas sukses maka pendaftar akan menerima balasan email dari hdgaruda@ristekdikti.go.id berupa konfirmasi bahwa pendaftaran sudah diterima.
  3. Pendaftar menunggu evaluasi dari tim pengelola GARUDA untuk menyampaikan hasilnya. Pengelola GARUDA berhak menerima atau menolak permohonan indeksasi jurnal yang tidak memenuhi standar yang telah ditentukan.
  4. Jurnal yang sudah menggunakan sistem informasi manajemen jurnal secara online khususnya yang sudah    mendukung OAI (Open Archive Initiative), sebagai contoh seperti OJS PKP (Open Journal System) menjadi salah satu prioritas bagi tim GARUDA.
  5. Jika jurnal sudah dinyatakan diterima maka pihak pengelola GARUDA akan segera memasukkan terbitan jurnal ke dalam database GARUDA. Bagi jurnal yang sudah mendukung OAI maka pihak GARUDA akan mengambil data secara semi otomatis.

Kredibilitas artikel maupun jurnal yang tersedia dari portal garuda berada di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sehingga sangat AVR ( Akurat, Valid dan Relevan ).

Tinggalkan Balasan