Pemilihan Duta Baca Perpustakaan IAIN Langsa

UPT. Perpustakaan IAIN Langsa, Rabu (31/3/2021) menggelar pemilihan Duta Baca dan Pemustaka terbaik tahun 2020 yang berlangsung di gedung perpustakaan kampus setempat.

Ketua Panitia acara Susilawati, S.Sos.I dalam laporannya menyebutkan, kegiatan yang berlangsung selama 2 hari jni diikuti oleh 29 peserta yang berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di lingkungan IAIN Langsa.

Kepala UPT. Perpustakaan Dr. Jelita, M.Pd dalam sambutannya menyatakan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai motivator bagi para mahasiswa di IAIN Langsa untuk menumbuhkan minat baca dan meningkatkan keinginan untuk berkunjung ke perpustakaan. Sedangkan pemilihan Pemustaka terbaik dilaksanakan dari melihat absensi dan statistik kunjungan untuk memberikan penghargaan kepada pengunjung yang sering mengunjungi perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku.

Jelita menyebutkan bahwa duta baca yang nantinya terpilih akan menjalankan program kerjanya untuk mempromosikan perpustakaan.

“Para Duta Baca terpilih nanti akan melaksanakan kegiatan program kerja internal dan eksternal untuk mempromosikan perpustakaan,” jelas Jelita.

Duta Baca yang terpilih akan mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya adalah piala bergilir. Jika dalam tiga tahun berturut-turut delegasi suatu fakultas memenangkan piala bergilir maka piala tersebut akan menjadi hak milik fakultas.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H. M. Suhaili Sufyan, Lc., MA sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh UPT. Perpustakaan IAIN Langsa ini.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh perpustakaan ini, karena ini adalah sebuah realisasi untuk mencapai IAIN Unggul,” ujar Suhaili.

Suhaili juga mengapresiasi gallery yang dimiliki oleh perpustakaan yang menampilkan koleksi alat-alat tradisional Aceh yang menjadikan perpustakaan memiliki keunikannya sendiri. Hal ini diharapkan Suhaili agar perpustakaan menjadi tempat menyenangkan bagi pengunjung untuk mengembangkan kreatifitasnya.

Di akhir kata sambutannya Suhaili mengatakan akan memberikan penghargaan akademik kepada Duta Baca yang terpilih yakni laporan kegiatan selama menjadi Duta Baca dapat dijadikan laporan untuk mendapatkan nilai KPM (Kuliah Pengabdian masyakarat)