Dalam rangka memperkuat dan memperkaya khazanah keilmuan, perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) langsa melakukan penandatanganan MoU dengan Prodi Antropologi Universitas Malukusaleh Lhokseumawe yang dilangsungkan di perpustakaan kampus setempat, senin (19/11). Penandatanganan MoU itu bagian dari kunjungan mahasiswa prodi antropologi Unimal Lhokseumawe ke Kota Langsa dalam rangka Field Trip Situs Sejarah Kota Langsa dan perkembangan multikultural di kota langsa.

Dalam kesempatan ini pula, mahasiswa Unimal juga menyinggahi beberapa situs sejarah di Aceh Timur dan seterusnya melanjutkan kegiatan dialog di perpustakan IAIN Langsa.

Dalam kesempatan yang sama, mahasiswa Unimal melakukan dialog interaktif yang dihadiri oleh beberapa narasumber, diantaranya adalah Teuku Kemal Fasya Dosen Antropologi Unimal, Ismail Fahmi Arrauf Nasution dosen Fakultas Ekonomi IAIN Langsa dan Sabaruddin Dosen Tarbiyah dan Kepala Perpustakaan IAIN Langsa.

Dialog lebih kurang 2 jam dengan pembahasan sejarah dan kultur masyarakat Kota Langsa ditinjau dari sudut pandang pendidikan disampaikan oleh Sabaruddin, pluralitas dan multikulturan masyarakat kota langsa disampaikan oleh Ismail Fahmi dan tinjaun konsep antropologi dalam sejarah dan budaya Kota Langsa disampaikan oleh Kemal Fasya.

Sejumlah Mahasiswa unimal dan IAIN terlibat aktif dalam doalog tersebut, acara dialog diakhiri dengan persembahan seni dari tim kreatif mahasisw antropologi unimal dan mahasiswa FEBI IAIN Langsa. (Syahrial)